Gua Gajah, Kedamaian Tempat Ibadah yang Unik di Bali

Gua Gajah, Kedamaian Tempat Ibadah yang Unik di Bali

Gua Gajah ialah gua yang diterapkan sebagai tempat ibadah pada zaman dahulu. Gua ini berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali dan berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar. Tak heran jikalau Pura Gua Gajah Bali pun menjadi destinasi yang sukses menarik perhatian banyak wisatawan karena bentuk arsitekturnya yang unik. Para pengunjung bisa menyusuri kompleks pura yang terdiri dari dua zona utama.

Area sebelah utara ialah lokasi eksistensi warisan ajaran Siwa. Hal ini dibuktikan dengan eksistensi patung Ganesha serta Trilingga. Kawasan ini juga menjadi lokasi umat Hindu beribadah.

Yang menjadi uniknya Gua Gajah ialah Pintu masuknya ialah mulut goa hanya cukup untuk 1 orang. Sebelum memasukin Gua, wisatawan akan menemukan ukiran-ukiran indah dan 2 patung penjaga. Bagian dalam goa membentuk huruf T, tingginya sekitar 2 meter dan lebar 2 meter juga. Di bagian kiri dan kanan lorong juga terdapat ceruk yang ialah tempat bertapa pada jaman dahulu. Asiknya kini wisatawan boleh duduk maupun terbaring di atas sana.

Keunikan Gua Gajah Serta Isinya

Terdapat Arca Ganesha di ujung barat lorong dan ujung timur lorong terdapat 3 Lingga. Juga terdapat patung tirta dengan tujuh patung widyadara–widyadari yang sedang mengucurkan air suci. Total patung seluruhnya ada tujuh, ini menjadi simbol dari tujuh sungai di India dimana agama Hindu dan Budha dilahirkan.

Bersama Badahulu, nama Lwa Gajah pertama kali disebut dalam karya sastra Kakawin Nagarakretagama susuana Mpu Prapanca pada tahun 1365 M. Nama tersebut tercantum dalam pupuh yang menguraikan kawasan-kawasan di sebelah timur Jawa yang mengakui kekuasaan Majapahit. Lwa atau Lwah/Loh artinya sungai, sehingga Lwa Gajah berarti Sungai Gajah. Kemungkinan sungai yang berlokasi di depan candi yang kini diketahui dengan nama Sungai Petanu.

Baca Juga : Wisata Gunung Bromo – Tempat Dengan Seribu Panorama Keindahan Alam

Nama Gua Gajah ini berasal dari pahatan wajah raksasa di atas mulut gua, yang menyerupai muka gajah. Sumber lain menyebutkan bahwa nama itu karna oleh adanya arca Ganesha, dewa berkepala gajah, di salah satu ceruk dalam gua.  Komplek secara keseluruhan bisa terlihat dari tangga. Sampai di zona bawah setelah menuruni anak tangga, akan terdengar gemericik suara air dari pancuran arca.

Banyak Peninggalan Sejarah di Dalam Gua

Bebatuan bekas bangunan yang dulunya hancur imbas gempa, juga masih ada di sekitar pancuran. Sedangkan Gua Gajah Gianyar sendiri, letaknya tak jauh dari pancuran arca tersebut. Ada penggalian di pekarangan depan mulut gua pada sekitar tahun 1951-1952. Dari penggalian tersebut di temukan pondasi kuno berbentuk persegi panjang, di mana dinding muka gua menjadi salah satu sisi panjangnya.

Dari area parkir menuju lokasi pertapaan, wisatawan harus menuruni tangga. Banyak pohon-pohon yang sangat rindang di tempat ini, sehingga suasananya adem dan asri. Malahan pohon-pohon tersebut sudah berusia ratusan tahun.

Harga tiket masuk obyek liburan Gua Gajah Gianyar Bali.
Tiket Masuk Rp 30.000 perorang
Parkir Kendaraan Rp 5.000 per kendaraan beroda empat
Parkir Motor Rp 2.000 permotor

Florence Dengan Budaya, Seni dan Arsitektur Renaisans
Destinations

Florence Dengan Budaya, Seni dan Arsitektur Renaisans

Wisata Italia – Florence, ibu kota wilayah Tuscany Italia, adalah rumah bagi banyak karya seni dan arsitektur Renaisans. Salah satu pemandangannya yang paling ikonik adalah Duomo, sebuah katedral dengan kubah berubin terakota yang dirancang oleh Brunelleschi dan menara lonceng oleh Giotto. Galleria dell’Accademia menampilkan patung “David” karya Michelangelo. Galeri Uffizi memamerkan “The Birth of Venus” […]

Read More
Kastil Bodrum Adalah Kastil Tepi Laut Yang Fantastis
Destinations

Kastil Bodrum Adalah Kastil Tepi Laut Yang Fantastis

Destinasi – Kastil Bodrum Itu berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi semua orang Kristen di Asia Kecil. Puri terserang dengan munculnya Kekaisaran Ottoman, pertama setelah jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 dan lagi pada tahun 1480 oleh Sultan Mehmed II. Bodrum dalam Pengucapan Turki: [ˈbodɾum]) adalah sebuah distrik dan kota pelabuhan di Provinsi Muğla, di Wilayah Aegean […]

Read More
Ardin du Luxembourg Yang Paling Menawan di Paris
Destinations

Ardin du Luxembourg Yang Paling Menawan di Paris

Desrinasi – Ardin du Luxembourg the Luxembourg Garden bukan hanya untuk turis. Taman Left Bank yang ikonik dipenuhi dengan orang-orang Paris yang bersantai di bawah sinar matahari dan bermain tenis, boule, dan catur. Ini juga merupakan rumah dari Musée du Luxembourg, sebuah museum kecil yang menawan. Dan Palais du Luxembourg, yang dibangun untuk ibu Louis […]

Read More