Basilica Cistern, Menyelami Keindahan Istana Bawah Tanah Di Istanbul

Basilica Cistern, Menyelami Keindahan Istana Bawah Tanah Di Istanbul

Wisata Turki – Tempat yang bagus untuk orang Turki yang digambarkan Basilica Cistern. Struktur bawah tanah ini adalah salah satu peninggalan arsitektur kebanggaan Turki yang bernilai sejarah tinggi. Beberapa menyebutnya katedral atau istana yang tenggelam, tetapi basilika sisstan sebenarnya adalah reservoir besar untuk istana raja-raja Bizantium. Terletak di kota bawah tanah Istanbul. Sebagian besar struktur ini berada di bawah tanah, sehingga terlihat sederhana dari luar.

Basilica Stern dibangun pada abad ke-6 atas perintah Kaisar Justinian I. Basilica Stern adalah kolam renang seluas 9.800 meter persegi di ruang bawah tanah. Untuk menopang atap kolam, 338 tiang setinggi 9 meter terbuat dari marmer.

Beberapa bagian tiang ternyata berasal dari reruntuhan bangunan Romawi kuno, seperti kepala Medusa. Buritan Basilica mampu mengawetkan 100.000 ton air bersih. Air terutama digunakan untuk kebutuhan keraton.

Daya Tarik Basilica Cistern Bagi Wisatawan

Daya tarik utama Basilica Stern adalah 336 kolom marmer yang menopang strukturnya. Beberapa pilar terukir dengan kepala Medusa, ngarai yang melengkung. Bagian bawah selalu terhuni oleh ikan mas yang terendam. Bagian samping berfungsi sebagai kafe bagi wisatawan.

Erevatan melakukan jika Basilica Cistern memperluas wilayahnya pada masa Kaisar Justinian, dan berdiri atas perintah Kaisar Konstantin. Sebelum berguna sebagai cadangan air murni istana, bangunan ini berfungsi sebagai tempat pertemuan dan pusat seni seluas dua lapangan sepak bola. Itu berdiri atas perintah Kaisar Justinian. Maka Justinian mengadakan pertemuan dengan para perwiranya untuk membahas masalah hukum dan komersial.

Setelah itu, Kaisar Justinian memerintahkan renovasi Istana Basilica Cistern dan bangunan lain di sekitar waduk. Bagian buritan Basilica  kala itu mampu mengawetkan hingga 100.000 ton air bersih. Bahkan setelah Kekaisaran Ottoman memerintah Turki, Basilica Stern memasok air bersih ke Istana Topkapi.

Basilica Cistern yang teraporkan oleh Smithsonian ketemukan kembali oleh sejarawan Petr Cedarius pada tahun 1545, ketika Istanbul masih menjadi bagian dari Konstantinopel. Tapi tempat itu penuh dengan sampah lumpur mayat, jadi tidak layak kunjungi selama beberapa dekade yang akan datang. Setelah kembali bersih pada 1980-an, Basilica Cistern sekarang menjadi salah satu landmark bersejarah Istanbul yang paling menonjol.

Baca Juga : Menara London Menjaga Harta Benda Kerajaan Inggris

Destinations

Gunung Bromo Tengger Semeru – Gunung Berapi Terpopuler Di Jawa Timur

Donnajeanandthetricksters – Kawasan rekreasi salah satu destinasi terpopuler di Jawa Timur, Gunung Bromo, kembali dibuka untuk wisatawan. Area tersebut telah ditutup sejak Maret untuk memerangi penyebaran COVID-19. Setelah buka kembali, Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan mewajibkan pengunjung untuk mendaftar secara online sebelum kedatangan mereka. Seperti yang terlansir pada kompas.com, pihaknya akan memberikan sanksi […]

Read More
Pulau Similan, Surga Indah Pantai Pasir Putih Thailand
Destinations

Pulau Similan, Surga Indah Pantai Pasir Putih Thailand

Keindahan Pulau Similan memang melegenda. Pulau ini terletak di pantai barat Thailand selatan di Laut Andaman di wilayah Phang Nga. Ada 11 pulau di Kepulauan Similan. Ada Koh Bangu, Koh Ha, Koh Huyong, Koh Payan, Koh Payu, Koh Tachai, Koh Bon, Koh Hin Pousar, Koh Meang, Koh Payang dan Koh Similan. Semua pulau ini dapat […]

Read More
Menara London Menjaga Harta Benda Kerajaan Inggris
Destinations

Menara London Menjaga Harta Benda Kerajaan Inggris

Holiday – Menara London, secara resmi Istana Kerajaan Yang Mulia dan Benteng Menara London, adalah sebuah kastil bersejarah di tepi utara Sungai Thames di pusat kota London. Dari Crown Jewels hingga Tower raven yang terkenal, rasakan sejarah di mana hal itu terjadi di Tower of London, tanpa keramaian. Tiket tersedia sekarang. Pengalaman Menara London tidak […]

Read More